Keselamatan penggunaan peralatan tangan (hand tools safety) Kunci atau spanners

 
Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan peralatan tangan ini. Dalam bahas inggris peralatan ini disebut dengan istilah spanners tetapi dalam bahasa kita disebut dengan istilah kunci. Penggunaan peralatan tangan ini banyak dijumpai hampir disemua tempat. Tetapi berikut ini akan dibahas ke penggunaan yang lebih spesifik yaitu penggunaannya dilingkungan kerja dan hanya akan membahas bagaimana tata cara penggunaan yang aman. Namun sebelum itu ketahuilah beberapa jenis kuci atau spaners yang ada.
Beberapa jenis spanners:
1. Open End; adalah kunci dengan imageujung terbuka, umumnya disebut kunci pas
2. Tube or Tubular Box; kunci seperti ini berbentuk seperti pipa atau bulat panjang
3. Socket; kunci dengan bentu socket
4. Ring; and kunci ring berbentuk seperti cincin
5. Special.
Sebelum kita akan menggunakan kunci atau spanners, ada baiknya kita ketahui dulu tata cara menggunakan Spanner yang aman. Adapun tata caranya adalah sebagai berikut:image
1. Open end atau ring spanner lebih aman digunakan dgn cara ditarik dari pada didorong.
2. Gunakan kedua belah tangan saat menggunakan tubular box spanner.
3. Pastikan ukuran spanner pas dengan ukuran baut atau mur yang akan dibuka, kendor akan mengakibatkan mur atau baut rusak atau bahkan mencederai Anda.
4. Saat meng-ngencangkan baut atau mur menggunakan spanner, jangan menambahkan spanner lagi untuk menambah panjang pegangannya (leverage).
5. Jangan menggunakan spanner yang tidak dalam keadaan baik, pastikan pemeriksaan sebelum mulai menggunakannya.
6. Pilih spanner yang cocok dengan ruang gerak dan kesulitan lainnya.
7. Gunakan spanner tipis untuk membuka mur yang tipis.
8. Gunakan socket spanner dengan aksesoris khusus atau tubular box untuk menjangkau tempat-tempat yang sulit.
Beberapa langkah yang telah dijelaskan diatas hanyalah beberapa tips ringan tentang bagaimana menggunakan peralatan tangan (kunci atau spanner) dengan aman. Referensi lebih lanjut bisa anda dapatkan dari katalog pabrik atau dari tehnisi yang memang benar-benar mengerti tentang penggunaan kunci/spanners. Sebagai catatan, gunakanlah peralatan yang memiliki keterangan yang jelas baik produsen maupun bahan serta kualita barang tersebut sehingga akan dapat memberikan jaminan terhadap keselamatan penggunaannya. Terimakasih.
















No comments:

Post a Comment