KESELAMATAN PERALATAN TANGAN BERTENAGA (PORTABLE POWER TOOLS SAFETY)

 
imagePenggunaan power tools didunia kerja banya memiliki dampak yang cukupbesar terhadap keberlangsungan proses kerja, baik terhadap prosesnya sendiri, kualitas dan kuantitas hasil, dan tentu saja keselamatan para pekerjanya. Peralatan tangan bertenaga yang dimaksud adalah peralatan yang digerakkan oleh energi.

Portable power tools sendiri terbagi menjadi 5 jenis didasarkan pada sumber energinya:

· Electric;
· Pneumatic;
· Gasoline;
· Hydraulic; and
· Explosive (Power Actuated)
Berikutnya beberapa jenis peralatan bertenaga yang telah dikeluarkan oleh pabrik dan digunakan secara umum dengan menggunakan sumber daya listrik:
1. Mesin bor.
Saat mengebor, Anda harus mengarahkan mesin bor menggunakan tangan, maka dari itu mesin bor harus dilengkapi dengan sleeve yang dipasang diatas mata bor. Pelindung ini bukan hanya melindungi tangan Anda, tapi juga berfungsi sebagai pembatas bila mata bor telah menembus material yang di bor atau mencapai kedalaman tertentu. Berikut beberapa kasus kecelakaan akibat bor listrik:
a. Bagian dari bor listrik menusuk tangan, kaki atau bagian tubuh lainnya;
b. Bor listrik terjatuh saat sedang tidak digunakan;
c. Serpihan mata bor atau benda yang dibor terbang dan masuk mata
d. Kabel-kabelnya tidak tersambung dengan benar
2. Gerinda tangan portabel
Bahaya terbesar dari hand grinder adalah batu gerinda yang pecah. Setidaknya separuh dari batu gerinda harus tertutup, agar Anda terlindungi dari arah percikan batu gerinda. Pelindung harus mudah diatur (adjustable) dan periksa terlebih dahulu batu gerindanya sebelum memulai menggerinda. Selain pelindung mekanikal tersebut, Anda juga harus selalu menggunakan pelindung mata dan muka (full face shield dan safety glasses) saat menggerinda. Gerinda portable lebih membahayakan dibanding gerinda yang terpasang dengan tetap di meja, karena selalu berpindah-pindah tempat. Jauhkan dari air dan oli yang bisa menyebabkan tidak balance.
3. Gergaji Listrik
Gergaji listrik harus dilengkapi penutup dibagian atas dan bawah face plate-nya. Pelindung yang bawah harus secara otomatis turun untuk menutup mata gergajinya saat digunakan. Anda harus terlebih dahulu ditraining oleh orang yang berkompeten. Pelindung mata gergaji harus sering diperiksa untuk memastikan berfungsi dengan baik.















No comments:

Post a Comment